Minggu, 13 Agustus 2023

Memberikan yang Terbaik untuk Orang Tua di Hari Ied

 

Hisyam ibn Hasan berkata, bahwa Hafshah bintu Sirrin (saudari Muhamad ibn Sirrin) bercerita tentang saudaranya Muhammad ibn Sirrin,

كانت والدة محمد حجازية، وكان يعجبها الصبغ، وكان محمد إذا اشترى لها ثوبًا اشترى ألين ما يجد، فإذا كان عيد صبغ لها ثيابًا

Ibunda Muhammad ibn Sirrin adalah seorang hijaziyyah (dari negeri Hijaz), dan beliau senang dengan kain yang berwarna. Maka jika Muhammad ibn Sirrin membelikan ibunya sebuah kain, niscaya akan dibelikan kain yang paling lembut sepanjang yang beliau dapatkan. Jika tiba hari ied, maka beliau akan mewarnai pakaian ibunya". (Lihat Tarikh Ad Dimasyqi karya Ibnu Asakir 53/216).

Jika kita sudah tahu apa yang menjadi kesukaan atau kesenangan orang tua kita, maka penuhilah hal tersebut. Terlebih di hari ied, karena mereka lebih berhak dan lebih utama untuk diberikan kebahagiaan di hari ied.

Tentu kesenangan atau kesukaan masing-masing orang tua berbeda-beda. Kitalah yang harus cari tahu. Jika kita mampu mewujudkannya, segeralah menjemput pahala yang besar ini. Berikanlah yang terbaik untuk kedua orang tuamu. Semoga engkau mendapat keridhaan Allah ta'ala karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

"Keridhaan Rabb tergantung pada keridhaan orang tua, dan kemurkaan Rabb tergantung pada kemurkaan orang tua” (HR. Tirmidzy, dishahihkan oleh Imam Al Albani).

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: