Sabtu, 30 Agustus 2014

Siapakah yang Ingin Nenek Tua Walau Dia Berhias

Berkata Abul 'Ala rahimahullah:
Aku melihat di dlm tidurku seorang nenek tua yg seluruh tubuhnya memakai perhiasan.

Manusia pun mengelilinginya dgn rasa heran.

Mereka memandang kpd nenek tua tsb.

Aku pun bertanya kpd nenek itu: Celaka, siapakah engkau?

Nenek itu menjawab: Apakah engkau tdk mengenalku?

Aku menjawab: Tidak.

Nenek itu pun berkata: Aku adalah dunia.

Aku menjawab: Aku berlindung kpd Allah dari kejelekanmu.

Nenek itu berkata: Jika engkau mau berlindung dari kejelekanku maka bencilah dirimu dari dirham (sejenis mata uang).

Lihat Mukhtashar Minhajul Qashidin, Ibnu Qudamah al-Maqdisi hal. 202
🔶🔶🔶🔶🔶🔶🔶

Atsar di atas setidaknya bisa mengingatkan kita agar tidak terpesona dgn gemerlapnya "si nenek tua".

Jangan engkau ridha, menghabiskan waktumu seluruhnya bersama "si nenek tua".

Atau, merindu dan ingat selalu dgn pesona "si nenek tua" dan beangan esok ingin kembali dibuai dan dilalaikan oleh "si nenek tua".

Semoga bermanfaat.

WA Sedikit Faidah Saja

Tidak ada komentar: