Minggu, 03 September 2017

Hasungan Untuk Menuntut Ilmu


Syaikh Ibnu Utsaimin berkata, "Menuntut ilmulah kalian karena ilmu akan mengangkat derajat seseorang di dunia dan di akhirat. Ilmu juga merupakan pahala yang terus mengalir sampai hari kiamat. Allah berfirman,

《يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ 》
Artinya:
"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (QS. Al Mujadilah: 11).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

《إِذَا مَاتَ الْعبد انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَه》
Artinya:
"Jika seorang hamba meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau anak yang shalih yang mendoakannya.” (HR. Muslim).

Lihatlah kepada peninggalan ulama rabbani! selalu ada sampai hari ini, melewati panjangnya bulan dan tahun. Peninggalan mereka nampak, jalan mereka nyata, penyebutan mereka tinggi, kehidupan mereka sukses.

Jika mereka disebut di suatu majelis, manusia pun memberikan doa rahmat dan kebaikan untuk mereka. Jika disebutkan tentang amalan-amalan shalih dan adab-adab mulia maka mereka menjadi teladan bagi manusia."

(Lihat Adh Dhiyaul Lami-Syaikh Utsaimin, hal. 14, cet. Maktabatush Shafa 2005).

Tidak ada komentar: