Rabu, 29 April 2015

Orang Macam Apa Aku Ini

Terkadang batin ini bergumam:
"Orang macam apa aku ini"

Dalam putaran hari 24 jam, sedikit sekali aku pergunakan untuk ibadah.

Shalat?
Shalatku hanya sebatas yang 5 waktu saja. Adapun rawatib, seringnyd terluput.

Shalat witir, shalat dhuha dan shalat-shalat sunnah lainnya, ah.. Aku malu untuk mengakuinya.

Puasa?
Puasa Ramadhan tentu. Puasa senin kamis, puasa 3 hari tiap bulannya dan puasa-puasa sunnah lainnya, sekali lagi, aku malu untuk mengungkapkannya.

Thalabul ilmi?
Hmm.. Hanya di sisa waktu. Itupun kadang absen, udzur sibuk dan lelah kian mencacati kualitas thalabul ilmiku.

Shadaqah?
Aku merasa paling pelit dan bakhil terhadap amalan ini. Aku paling sering ditraktir sahabatku ketimbang aku yang mentraktir.

Kalaupun aku mengeluarkan shadaqah, aku merasa berat, padahal sedikit sekali yang aku keluarkan.

Muamalah?
Juga muamalah.

Mungkin aku orang yang paling egois di antara sahabat-sahabatku.

Aku senang mengkritik dan menilai orang. Tapi kalau ada orang yang menegurku, ah.. Sesak hati ini. Maunya aku mentahkan nasehat-nasehatnya dengan sejuta alasan dariku.

Kalau ada ajakan berta'awun dalam dakwah, maka aku akan timbang dengan kaidah "kalau ada untung dunia buatku, maka aku ikut. Kalau tidak ada, maka aku tinggalkan".

Kalau terpaksa aku ikut berta'awun, maka aku orang yang paling ga mau repot dan paling yang ga mau capek.

Wahai sahabat-sahabatku. Aku minta maaf kepada kalian semua. Jangan tinggalkan aku karena kejelekan akhlakku.

Bantulah aku untuk menjadi lebih baik. Jangan biarkan aku tuk memikul beban hidup ini sendiri.

Jangan bosan untuk menasehati aku. Jangan membenci aku karena jeleknya perangaiku.

Doakan aku di kesendirianmu. Doakan aku agar selamat di hari hisab.

Yaa Allah, berikanlah kesabaran kepada para sahabatku. Berikanlah kepada mereka pahala yang besar atas kesabaran mereka yang mau bergaul denganku.

Ampunilah dosa-dosa kami dan rahmatilah kami. Kumpulkanlah kami bersama di jannah-Mu kelak. Amin.

Tidak ada komentar: