Senin, 16 Oktober 2017

Bagaimana cerminan akidah pada kehidupan dan perangai seorang muslim?


Syaikh Shalih Fauzan hafizhahullahu menjawab, "Sebagaimana saya terangkan, jika akidahnya benar maka benar pula amalannya seorang muslim, karena akidah yang benar akan membawa seorang muslim kepada amalan-amalan shalih dan akan menghantarkan kepada keabaikan dan kepada perbuatan-perbuatan yang terpuji.

Oleh karenanya jika seseorang bersyahadat laa ilaha illallah dengan syahadat yang terbangun di atas ilmu dan yakin serta mengetahui konsekuensinya, maka hal itu akan menghantarkan kepada amalan-amalan yang shalih karena syahadat laa ilaha illallah bukanlah semata-mata hanya diucapkan di lisan saja, akan tetapi harus diyakini dan diamalkan.

Tidaklah benar syahadat ini dan tidak juga bermanfaat kecuali jika ditunaikan konsekuensinya berupa amalan-amalan shalih. Maka, tunaikanlah rukun-rukun islam dan rukun-rukun iman serta apa-apa yang bisa menambahnya dari perintah-perintah agama, syariat-syariat, sunnah-sunnah dan amalan-amalan penyempurna lainnya."

(Terjemah bebas dari Irsyadul Khillan ila Fatawal Fauzan-Syaikh al Fauzan, jil. 1, hal. 25-26, cet. Darul Bashirah 2009).

Tidak ada komentar: