Jumat, 16 Juni 2023

Mendidik Anak, Tak Semudah Itu!

 Faidah Taklim Bada Maghrib oleh Al Ustadz Abdurrahman Lombok hafizhahullahu ta'ala di Ma'had Riyadhul Jannah Cileungsi, 29 Rajab 1443H / 2 Maret 2002


1. Jadilah kita sebagai orang tua yang saling bahu membahu di dalam kebaikan dan menjadi orang yang terlibat di dalamnya.

2. Ketika mendapati anak saudara kita yang terjatuh pada kesalahan maka janganlah kita mencela dan menjatuhkan orang tuanya, sebagaimana kita juga tidak ridha jika hal ini mengenai kita, karena bisa jadi suatu saat, anak-anak kita melakukan suatu kesalahan, maka tentulah kita sendiri tidak ingin kesalahan anak-anak kita tersebut, secara mutlak ditimpakkan kesalahannya kepada kita.

3. Janganlah kita menghibahi saudara-saudara kita, karena kesalahan anak-anaknya, karena bisa jadi ia telah berusaha melakukan kebaikan dan keshalihan untuk dirinya dalam rangka meluruskan dan menjaga anak-anaknya, akan tetapi Allah ta'ala sedang menguji dirinya melalui anak-anaknya.

4. Ketika kita diuji dengan anak-anak kita, maka janganlah merasa putus asa terhadap perubahan kebaikan untuk mereka. Angkatlah tangan untuk meminta doa kebaikan untuk anak-anak kita, jangan sampai keputus asaan menghalangi kita untuk berdoa kepada Allah, bahkan jangan pernah sekali-kali kita secara tidak sadar malah mendoakan kejelekkan dan kebinasaan bagi anak-anak kita sendiri.

5. Dalam usaha terus memperbaiki anak-anak, maka lihatlah bagaimana usaha Nabi Nuh alaihissalam yang tidak pernah berputus asa di dalam mengajak anaknya kepada jalan yang lurus, beliau terus berusaha sampai Allah Yang Maha Hikmah memutuskan keputusanNya.

6.  Berikankah selalu yang terbaik untuk anak-anak kita, walau kadang atau bahkan mungkin sering anak-anak kita memberikan perlakuan-perlakuan yang tidak baik kepada kita. Harapkanlah pahala sabar dari hal ini.

7. Teruslah kita menjadi shalih di hadapan anak-anak kita, agar mereka bisa menjadikan kita sebagai qudwah/teladan untuk anak-anak kita. Sehingga di kemudian hari, semoga buah dari keshahihan kita akan mempengaruhi dan mengenai anak-anak kita.

Wallahu alam,
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar: