Selasa, 19 Desember 2017

Pilih Dia karena Agamanya!


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

《تُنْكَحُ المَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَافَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ》

Artinya:
"Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang mempunyai agama (yang baik), niscaya kamu akan beruntung.” (HR. Bukhari dan Muslim)."

Syaikh Shalih Fauzan hafizhahullahu berkata, "Janganlah engkau melihat kepada kecantikannya saja, jangan pula kepada harta dan derajat kedudukannya di sisi manusia saja, akan tetapi lihatlah kepada agamanya, karena (baiknya) agama akan mengumpulkan seluruh kebaikan.

Selain agamanya, seorang wanita tidaklah dipuji karenanya, kecantikan kadang akan membawa kepada tipu daya, hartanya akan membawa kepada sikap melampaui batas dan tingginya kedudukan akan membawanya kepada sikap sombong terhadap lelaki.

Adapun seorang wanita yang memiliki agama (yang baik), sesungguhnya dia tidaklah datang kecuali dengan kebaikan. Jika darinya diberikan anugerah berupa keturunan yang shalih maka sesungguhnya itu adalah hasil dari bimbingan dan pendidikan mereka yang di atas kebaikan."

(Taujihatu Muhimmah ila Syababil Ummah-Syaikh Shalih Fauzan, dinukil dari Rasail Ulamais Sunnah ila Syababil Ummah, hal. 12, cet. Darul Miratsin Nabawi 2015).

Tidak ada komentar: