Minggu, 23 Oktober 2016

Berharap Pahala dan Menunggu Jalan Keluar

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, "... Sabar itu adalah perkara yang berat di jiwa, akan tetapi seorang insan wajib untuk bersabar.

Oleh karenanya barang siapa yang tidak diberikan anugerah untuk bersabar niscaya dia akan kehilangan kebaikan yang banyak.

Orang yang bersabar juga pada umumnya menunggu datangnya jalan keluar, terlebih jika sabarnya diiringi dengan keikhlasan dan niat yang baik maka penantiannya terhadap adanya jalan keluar, teranggap sebagai ibadah dan pintu untuk datangnya jalan keluar berdasar sabda nabi, "Ketahuilah sesungguhnya pertolongan itu ada bersama kesabaran, dan datangnya jalan keluar (solusi) ada bersama kesulitan, dan pada kesulitan itu terdapat kemudahan."

Karena jika seorang sedang menunggu datangnya jalan keluar niscaya menapaki kesabaran baginya akan terasa ringan.

Dia pun akan berharap bahwa problema-problema yang ada akan segera lewat, dan dia akan hadapi permasalahan pada tempat yang tepat.

Jika dia dengan keadaannya bersikap harap akan pahala di akhirat dan mempunyai sikap harap akan datangnya jalan keluar di dunia, maka akan terasa mudahlah baginya untuk menapaki kesabaran."

(Terjemah bebas dari Nidaatu Rabbil Alamin-Syaikh Ibnu Utsaimin, hal. 11, cet. Darul Iman 2004).

Tidak ada komentar: