Senin, 05 Juli 2021

Salah Satu Pesona Wanita Shalihah adalah Mengikuti Suami di dalam Perkara yang Baik


Ath Thufail ibn Amr ad Dausi radhiallahu anhu adalah salah seorang shahabat nabi yang pandai ilmu syair, kedudukan beliau sangat dihormati di kaumnya.

Setelah Ath Thufail masuk Islam dan pulang ke rumahnya, istrinya pun mendatanginya agar bisa dekat dengan suaminya, akan tetapi Ath Thufail malah mencegahnya seraya berkata, 

إليك عني فلست منك ولست مني 

"Menjauhlah dariku, karena aku bukan bagian darimu dan engkau bukan bagian dariku"

Istrinya heran dan bertanya, "Ada apakah, bi abi anta wa ummi (kalimat yang biasa digunakan untuk suatu yang penting)"

Ath Thufail menjawab, 

فرق بيني وبينك الإسلام , فقد أسلمت ,وتبعت دين محمد صلى الله عليه وسلم .

"Telah terpisah antara Aku dan dirimu dengan Islam, Aku telah masuk Islam dan telah mengikuti agamanya Muhammad shallahu alaihi wasallam"

Maka istrinya menjawab, 

أنا منك وأنت مني , وديني دينك فأسلمت 

"Aku bagian darimu dan engkau bagian dariku, agamaku adalah agamamu, maka Aku pun (ingin) masuk Islam"

(Lihat Siyar Alamun Nubala-Imam Adz Dzahabi, juz. 1, hal 248-250 atau Al Ishabah fit Tamyizish Shahabah-Ibnu Hajar, juz. 2, hal. 225)

Tidak ada komentar: